Sabtu, 12 Maret 2011


NEGERI 96 JAKARTA

KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011

PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.

KURIKULUM : KTSP 2006

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap norma kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Perhatikan data berikut:

  1. Menciptakan keteriban dalam masyarakat
  2. Mencegah benturan kepentingan dalam masyarakat
  3. Memberi petunjuk bagi setiap individu dalam kehidupan
  4. Mewujudkan kewibawaan Negara

Tujuan adanya norma dalam hidup bermasyarakat ditunjukkan oleh nomor

a. (1), (2), dan (3)

b. (1) dan (3)

c. (2) dan (4)

d. (2), (3), dan (4)

1

MATERI

KUNCI JAWABAN

Norma-norma dalam masyarakat

INDIKATOR

Siswa dapat menjelaskan tujuan norma-norma dlm masyaraka

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap norma kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Perhatikan data berikut:

1. Memiliki dan membawa SIM ketika mengendarai sepeda motor

2. Menghormati orang yang lebih tua usianya

3. Menyapa ketika bertemua orang yang dikenalnya

4. Memberikan laporan kepada polisi sebelum unjuk-rasa

5. Membuang sampahj hanya di tempat yang disediakan

Perbuatan yang sesuai dengan norma hokum ditunjukkan oleh nomor …

  1. (1), (2), dan (3)
  2. (2), (3), dan (4)
  3. (1), (4), dan (5)
  4. (1), (3) dan (4)

MATERI

KUNCI JAWABAN

Norma hokum

INDIKATOR

Disajikan 5 perilaku norma, siswa dapat menentukan tiga perilaku yang mencerminkan patuh terhadap hukum

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

SMP NEGERI 96 JAKARTA

KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011

PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.

KURIKULUM : KTSP 2006

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap norma kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Bunyi ayat (1) pasal 27 UUD 1945 adalah …

a. Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republic

b. Kedaulatan di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut UUD

c. Negara Indonesia adalah Negara hokum

d. Segala warganegara bersamaan kedudukannya di dalam hokum dan pemerintahan.

3

MATERI

KUNCI JAWABAN

Isi pasal 27 ayat (1 UUD 1945

INDIKATOR

Siswa dapat menentukan isi pasal 27 ayat (1) UUD 1945

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan RI sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Perhatikan data berikut:

1. Sebagai jembatan emas

2. Sebagai awal perjuangan bangsa Indonesia

3. Sebagai titik puncak perjuangan bangsa Indonesia

4. Sebagai titik akhir perjuangan bangsa Indonesia

5. Berlakunya hokum nasional dan tidak berlakunya lagi hokum kolonial

Arti penting proklamasi bagi bangsa Indonesia ditnjukkan oleh nomor …

a. (1), (2), dan (3)

b. (2), (3), dan (4)

c. (3), (4), dan (5)

d. (1), (3), dan (5)

4

MATERI

KUNCI JAWABAN

Proklamasi kemerdekaan RI

INDIKATOR

Disajikan pernyataan, siswa dapat menentuka 3 arti penting proklamasi kemerdekaan RI

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

SMP NEGERI 96 JAKARTA

KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011

PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.

KURIKULUM : KTSP 2006

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan RI sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Perhatikan data berikut:

1. Menjunjung tinggi hokum yang berlaku

2. Bekerja keras untuk kemajuan bangsa

3. Rela berkorban demi keutuhan Negara kesatuan Negara RI

4. Melakukan balas dendam terhadap Negara penjajah

5. Bercita-cita menjadi pejabat tinggi Negara

Sikap setia terhadap proklamasi kemerdekaan Negara RI ditunjukkan oleh nomor …

a. (1), (2), dan (3)

b. (2), (3), dan (4)

c. (3), (4), dan (5)

d. (1), (3), dan (5)

5

MATERI

KUNCI JAWABAN

Sikap setia terhadap proklamasi kemerdekaan Negara RI

INDIKATOR

Disajkan pernyataan , sisea dapat menentukan sikap setia terhadap proklamasi kemerdekaan RI

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan RI sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Perhatikan data berikut:

1. Menetapkan UUD 1945 sebagai UUD Negara RI

2. Memilih Sukarno dan Muhammad Hatta sebagai Presiden dan Wapres RI

3. Indonesia Raya segagai lagu kebangsaan Indonesia

4. Tugas pemerintah sehari-hari sementara dibantu oleh Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)

5. Pembentukan cabinet (Dewan Meneri)

Lembaga penegak hokum di Negara RI ditunjukkan oleh nomor

a. (1), (2), dan (3)

b. (2), (3), dan (4)

c. (1), (2), dan (4)

d. (1), (4), dan (5)

6

MATERI

KUNCI JAWABAN

Hasil siding PPKi tanggal 18 Agustus 1945

INDIKATOR

Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan hasil sidang PPKI tgl 18 Agustus 1945

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

SMP NEGERI 96 JAKARTA

KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011

PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.

KURIKULUM : KTSP 2006

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan enegakan HAM

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Perhatikan wacana berikut:

  1. Hak asasi dimiliki oleh setiap manusa
  2. Hak Asasi berarti hak dasar atau hak yang pokok
  3. Hak asasi dimiliki manusia sejak lahir

Dari wacana di atas dapat kita simpulkan, pengertian hak asasi manusia ialah …

a. Hak dasar atau hak pokok yang dimilki oleh setiap makhluk hidup sejak lahir

b. Hak dasar atau hak pokok yang dimiiki oleh setiap manusia sejak lahir

c. Hak dasar atau hak pokok yang dimiliki oleh setiap manusia sejak dalam kandungan

d. Hak yang dimliki oleh setiap manusia sejak lahir

7

MATERI

KUNCI JAWABAN

Perlindungan dan enegakan HAM

INDIKATOR

Pengertian HAM

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan enegakan HAM

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Tujuan adanya perlindungan HAM di seluruh dunia adalah …

a. Agar setiap individu manusia dapat memproleh hak-haknya dengan sepenuhnya tanpa ada orang lain yang merampasya

b. Agar setiap individu meiliki harga diri yang tinggi dan dapa menjalankan kewajibannya

c. Agar setiap individu manusia dapat menjalankan tugasnya dengan baik

d. Agar setiap individu manusia dapat hidu sejahtera

8

MATERI

KUNCI JAWABAN

Tujuan adanya perlindungan HAM di seluruh dunia

INDIKATOR

Siswa dapat menjelaskan tujuan adanya perlindungan HAM di seluruh dunia

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

SMP NEGERI 96 JAKARTA

KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011

PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.

KURIKULUM : KTSP 2006

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menghargai perbedaan dan kemerdekaan mengeluarkan pendapat dengan bertanggung jawab

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Setiap warganegara berhak menyampaikan pendapat dan pikirannya dengan bebas, baik lisan maupun tulisan. Hal ini diatur dalam UUD 1945 .

a. Pasal 26

b. Pasal 27

c. Pasal 28

d. Pasal 29

9

MATERI

KUNCI JAWABAN

Pasal 28 UUD 1945

INDIKATOR

Disajikan wacana tentang kebebasanmengeluarkan pendapat baik lisan maupun tulisan. Siswa dapat menentukan pasal dalam UD 1945

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menghargai perbedaan dan kemerdekaan mengeluarkan pendapat dengan bertanggung jawab

Buku paket

NO. SOAL

Sebutkan tiga akibat bila mengeluarkan pendapat dilakukan tanpa batas dan tidak bertanggungjawab !

51

MATERI

KUNCI JAWABAN

Kemerdekaan mengeluarkan pendapat

INDIKATOR

Siswa dapat menjelaskan tiga akibat mengeluarkan pendapat yang dilakukan tanpa batas dan tidak tidak bertanggung-jawab.

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011

PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.

KURIKULUM : KTSP 2006

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menghargai perbedaan dan kemerdekaan mengeluarkan pendapat dengan bertanggung jawab

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Perhatikan data berikut:

1. Unjuk rasa

2. Unjuk rasa dengan perusakan fasilitas umum

3. Rapat umum

4. Mimbar bebas

5. Unjuk rasa dengan melempar bom Molotov

Cara penyampaian pendapat di muka umum dengan benar dan bertanggung-jawab ditunjukkan oleh nomor

a. (1), (2), dan (3)

b. (2), (3), dan (4)

c. (1), (3), dan (4)

d. (1), (4), dan (5)

10

MATERI

KUNCI JAWABAN

Cara mengemukakan pendapat dengan benar dan bertanggung-jawab

INDIKATOR

Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan 3 cara mengemukakan pendapat dengan benar dan bertanggung-jawab

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menampilkan prilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia, artinya …

a. Semua peraturan perundangan tidak boleh bertentangan dengan Pancasila

b. Pancasila sebagai dasar hokum

c. Pancasila diamalkan dalam kehidupan sehari-hari oleh segenap bangsa Indonhesia

d. Pancasisla adalah dasar Negara kita

11`

MATERI

KUNCI JAWABAN

Pengertian Pancasila sebagai kepribadian bangsa

INDIKATOR

Siswa dapat menjelaskan Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

SMP NEGERI 96 JAKARTA

KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011

PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.

KURIKULUM : KTSP 2006

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menampilkan prilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Pancasila dijadikan dasar Negara RI karena …

a. Pancasila dirumuskan bersamaan wakunya dengan Proklamasi kemerdekaan

b. Pancasila sesuai dengan cita-cita , jiwa, dan kepribadian bangsa Indonesia

c. Pancasila sudah ada sejak zaman Majapahit

d. Pancasila sesuai denan zaman ketika prklamasi kemerdekaan

12

MATERI

KUNCI JAWABAN

Pancasila sebagai dasar Negara

INDIKATOR

Siswa dapa menjelaskanalasan Pancasila dijadikan dasar Negara

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menampilkan prilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Perhatikan data berikui:

1. Menghormati dan menghargai sesame manusia

2. Suka menolong orang lain

3. Sering berkomunikasi dengan sesama manusia

4. Tidak menyakiti dan menzalimi orang lain

5. Memperbaiki kesalahan yang dilakukan orang lain

Tiga nilai Pancasila sila ke-dua ditunjukkan oleh nomor

  1. (1), (2), dan (3) benar
  2. (1), (2), dan (4) benar
  3. (2), (3), dan (4) benar
  4. (3), (4), dan (5) benar

13

MATERI

KUNCI JAWABAN

Nilai-nilai Pancasila Menampilkan prilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945

INDIKATOR

Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan 3 nilai Pancasila sila ke-dua

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

SMP NEGERI 96 JAKARTA

KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011

PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.

KURIKULUM : KTSP 2006

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menampilkan prilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Sebagai warganegara kita harus bersikap adil, menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban, dan tidak mengambil hak orang lain.

Pernyataan di atas merupakan pelaksanaan Pancasila sile ke …

a. Ke 2

b. Ke-3

c. Ke-4

d. Ke-5

14

MATERI

KUNCI JAWABAN

Nilai-nilai Pancasila

INDIKATOR

Disajikan wacana, siswa dapat menentukan nilai Pancasila sile ke lima

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menampilkan prilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Perhatikan data berikut:

1. Memanfaatkan sumber daya alam dengan baik

2. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas perekonoman

3. Menjalankan perekonomian denga jujur

4. Persaiangan dalam berniaga dilakukan dengan bebas

5. Setiap tindakan didasarkan pada rasa takut kepada Tuhan YME

Perbuatan yang sesuai dengan nilai-nilai sila ke tiga Pancasila ditunjukkan oleh nomor

  1. (1), (2), (3), dan (4)
  2. (1), (2), (3), dan (5)
  3. (2), (3), (4), dan (5)
  4. (1) (2), (4), dan 5)

15

MATERI

KUNCI JAWABAN

Sikap positif terhadap Pancasila

INDIKATOR

Contoh sikap positif terhadap Pancasia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

SMP NEGERI 96 JAKARTA

KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011

PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.

KURIKULUM : KTSP 2006

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menampilkan prilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Perhatina pernyataan berikut:

1. Menteri diangkat Presiden

2. Menteri bertanggung-jawab kepada Presiden

3. Menteri diberhentikan Presiden

4. Menteri diusulkan Presiden

Ciri-ciri cabinet Presidentil ditunjukkan oleh nomor

e. (1), (2), dan (3)

f. (1) dan (3)

g. (2) dan (4)

a. (2), (3), dan (4)

16

MATERI

KUNCI JAWABAN

Konstitusi Negara RI

INDIKATOR

Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan cirri-ciri cabinet Presidentil

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menampilkan prilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Perhatikan data berikut:

1. UUD 1945

2. UUDS 1950

3. Konstitusi RIS

4. UUDS 1959

Konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia ditunjukkan oleh

a. (1), (2), dan (3)

b. (1) dan (3)

c. (2) dan (4)

d. (2), (3), dan (4)

17

MATERI

KUNCI JAWABAN

Konstitusi Negara RI

INDIKATOR

Siswa dapat menunjkkan 3 konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

SMP NEGERI 96 JAKARTA

KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011

PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.

KURIKULUM : KTSP 2006

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menunjukkan sikap positif terhadap kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Mengapa korupsi perlu diberantas ? Sebutkan 3 alasan !

52

MATERI

KUNCI JAWABAN

Perundangan-undangan nasioal

INDIKATOR

Siswa dapat memeberikan 3 alasan mengapa korupsi perlu diberantas.

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menunjukkan sikap positif terhadap kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Tata urutan peraturan –perundangan yang sesuai dengan undang-undang No. 10. Tahun 2004 adalah

a. Peraturan Daerah – Peraturan Presiden – Peraturan Pemerintah – Undang-Undang/Perpu – UUD 1945

b. Undang-Undang/Perpu – Peraturan Daerah – Peraturan Presiden – Peraturan Pemerintah – UUD 145

c. UUD 1945 – Peraturan Daerah – Peraturan Presiden – Peraturan Pemerintah- Undang Undang/Perpu

d. UUD 1945 – Undang Undang/Perpu – Peraturan Pemerintah – Peraturan Presiden – Peraturan Daerah

18

MATERI

KUNCI JAWABAN

Perundangan-undangan nasioal

INDIKATOR

Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan tata utrutan peraturan perundangan menurut UU No. 10 tahun 2004.

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

SMP NEGERI 96 JAKARTA

KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011

PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.

KURIKULUM : KTSP 2006

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menunjukkan sikap positif terhadap kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Demokrasi Pancasila ialah …

a. Demokrasi yang bersumber dari tata nilai dan kepribadian bangsa Indonesia

b. Demokrasi yang berasal dari kebiasaan bangsa Indonesia dalam kehidupan bernegara

c. Demokrasi yang telah dijalankan sejak zaman Majapahit

d. Demokrasi yang disertai suasana saling menghormati

19

MATERI

KUNCI JAWABAN

Demokrasi Pancasila

INDIKATOR

Siswa dapat mmenjelaskan pengertian demokrasi Pancasila

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menunjukkan sikap positif terhadap kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Perhatikan pernyataan berikut:

  1. Pemerintahan berdasarkan konstitusi
  2. Adanya pemilihan umum yang bebas
  3. Adanya perlindungan HAM
  4. Negara bebas dari praktik korupsi

Ciri Negara demokrasi ditunjukkan oleh nomor

a. (1), (2), dan (3)

b. (1) dan (3)

c. (2) dan (4)

d. (1), (2), (3), dan (4)

20

MATERI

KUNCI JAWABAN

Ciri Negara demokrasi

INDIKATOR

Disajikan pernyataan, siswa dapat menunjukkan 3 ciri negara demokrasi.

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011

PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.

KURIKULUM : KTSP 2006

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menunjukkan sikap positif terhadap kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Perhatikan data berikut:

1. Menghormati pendapat orang lain

2. Tidak memotong pembicaraan oang lain

3. Menerima dan melaksanakan keputusan musyawarah

4. Menerima dan melaksakan semua usul dalam musyawara

Contoh sikap demokrasi daam musyawarah ditunjkkan oleh nomor

a. (1), (2), dan (3)

b. (1) dan (3)

c. (2) dan (4)

d. (1), (2), (3), dan (4

21

MATERI

KUNCI JAWABAN

Contoh sikap demokrasi dalam musyawarah

INDIKATOR

Disajikan oernyataan, siswa menentukan 3 contoh sikap demokrasi dalam musyawarah

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menunjukkan sikap positif terhadap kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Perhatikan darta berikut:

1. Penyusunan tata tertib sekolah oleh dewan guru

2. Penyusunan regu piket oleh semua pengurus kelas

3. Pemilihan ketua OSIS

4. Penentuan guru bidang studi tertentu di kelas tertentu.

Contoh pelaksanaan demokrasi di lingkungan sekolah ditunjukkan oleh noor

a. (1), (2), dan (3)

b. (2), (3), dan (4)

c. (3), (4), dan (5)

d. (1), (4), dan (5)

22

MATERI

KUNCI JAWABAN

Contoh pelaksanaan demokrasi di lingkungan sekolah

INDIKATOR

Siswa dapat menunjukkan contoh pelaksanaan demokrasi di lingkungan sekolah

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

SMP NEGERI 96 JAKARTA

KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011

PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.

KURIKULUM : KTSP 2006

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menunjukkan sikap positif terhadap kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Contoh kedaulaan ke dalam yang dilaksanakan Negara Indonesia ialah

a. Sebagai peserta KTT APEC

b. Sebagai peserta Konferensi KTT Oraganisasi Konferensi Islam

c. Sebagai peserta KTT ASEAN

d. Melaksanakan Pemlihan Presiden tahun 2004

23

MATERI

KUNCI JAWABAN

Contoh kedaulaan ke dalam yang dilaksanakan negaa RI

INDIKATOR

Siswa dapat menentukan contoh kedaulatan ke dalam yang dilakukan negara RI

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak

Standar Kompetensi Lulusan

NO. KD

SUMBER

Menunjukkan sikap positif terhadap kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat

Buku paket

NO. SOAL

Rumusan soal

Perhatikan data berikut:

1. Kejaksaan Agung

2. DPR

3. Bank Indonesia

4. MPR

5. DPA

6. Presiden

7. DPD

Lembaga tinggi negaa sesuai dengan UUD 1945 ditunjukkan oleh nomor

  1. (1), (2), (3), (4), dan (5)
  2. (2), (3), (4), (5), dan (6)
  3. (3), (4), (5), (6), dan (7)
  4. (2), (4), (5), (6), dan (7)

24

MATERI

KUNCI JAWABAN

Lembaga Negara RI

INDIKATOR

Disajikan data, siswa dapat menentukan lembaga negara RI yang diatur dalam UUD 1945

Telah ditelaah

Soal

Diterima

Diperbaiki

Ditolak


mahmuddin m

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya berharap anda mnemberi komentar. Semoga menjadi masukan yang bermanfaat, Terimakasih.