NEGERI 96 JAKARTA
KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011
PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.
KURIKULUM : KTSP 2006
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap norma kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Perhatikan data berikut:
Tujuan adanya norma dalam hidup bermasyarakat ditunjukkan oleh nomor a. (1), (2), dan (3) b. (1) dan (3) c. (2) dan (4) d. (2), (3), dan (4) | ||||
1 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Norma-norma dalam masyarakat |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Siswa dapat menjelaskan tujuan norma-norma dlm masyaraka | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap norma kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Perhatikan data berikut: 1. Memiliki dan membawa SIM ketika mengendarai sepeda motor 2. Menghormati orang yang lebih tua usianya 3. Menyapa ketika bertemua orang yang dikenalnya 4. Memberikan laporan kepada polisi sebelum unjuk-rasa 5. Membuang sampahj hanya di tempat yang disediakan Perbuatan yang sesuai dengan norma hokum ditunjukkan oleh nomor …
| ||||
| |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Norma hokum |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Disajikan 5 perilaku norma, siswa dapat menentukan tiga perilaku yang mencerminkan patuh terhadap hukum | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
SMP NEGERI 96 JAKARTA
KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011
PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.
KURIKULUM : KTSP 2006
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap norma kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Bunyi ayat (1) pasal 27 UUD 1945 adalah … a. Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republic b. Kedaulatan di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut UUD c. Negara Indonesia adalah Negara hokum d. Segala warganegara bersamaan kedudukannya di dalam hokum dan pemerintahan.
| ||||
3 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Isi pasal 27 ayat (1 UUD 1945 |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Siswa dapat menentukan isi pasal 27 ayat (1) UUD 1945 | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan RI sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Perhatikan data berikut: 1. Sebagai jembatan emas 2. Sebagai awal perjuangan bangsa Indonesia 3. Sebagai titik puncak perjuangan bangsa Indonesia 4. Sebagai titik akhir perjuangan bangsa Indonesia 5. Berlakunya hokum nasional dan tidak berlakunya lagi hokum kolonial Arti penting proklamasi bagi bangsa Indonesia ditnjukkan oleh nomor … a. (1), (2), dan (3) b. (2), (3), dan (4) c. (3), (4), dan (5) d. (1), (3), dan (5) | ||||
4 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Proklamasi kemerdekaan RI |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Disajikan pernyataan, siswa dapat menentuka 3 arti penting proklamasi kemerdekaan RI | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
SMP NEGERI 96 JAKARTA
KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011
PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.
KURIKULUM : KTSP 2006
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan RI sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Perhatikan data berikut: 1. Menjunjung tinggi hokum yang berlaku 2. Bekerja keras untuk kemajuan bangsa 3. Rela berkorban demi keutuhan Negara kesatuan Negara RI 4. Melakukan balas dendam terhadap Negara penjajah 5. Bercita-cita menjadi pejabat tinggi Negara Sikap setia terhadap proklamasi kemerdekaan Negara RI ditunjukkan oleh nomor … a. (1), (2), dan (3) b. (2), (3), dan (4) c. (3), (4), dan (5) d. (1), (3), dan (5)
| ||||
5 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Sikap setia terhadap proklamasi kemerdekaan Negara RI |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Disajkan pernyataan , sisea dapat menentukan sikap setia terhadap proklamasi kemerdekaan RI | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan RI sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Perhatikan data berikut: 1. Menetapkan UUD 1945 sebagai UUD Negara RI 2. Memilih Sukarno dan Muhammad Hatta sebagai Presiden dan Wapres RI 3. Indonesia Raya segagai lagu kebangsaan Indonesia 4. Tugas pemerintah sehari-hari sementara dibantu oleh Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) 5. Pembentukan cabinet (Dewan Meneri)
Lembaga penegak hokum di Negara RI ditunjukkan oleh nomor a. (1), (2), dan (3) b. (2), (3), dan (4) c. (1), (2), dan (4) d. (1), (4), dan (5)
| ||||
6 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Hasil siding PPKi tanggal 18 Agustus 1945 |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan hasil sidang PPKI tgl 18 Agustus 1945 | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
SMP NEGERI 96 JAKARTA
KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011
PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.
KURIKULUM : KTSP 2006
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan enegakan HAM |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Perhatikan wacana berikut:
Dari wacana di atas dapat kita simpulkan, pengertian hak asasi manusia ialah … a. Hak dasar atau hak pokok yang dimilki oleh setiap makhluk hidup sejak lahir b. Hak dasar atau hak pokok yang dimiiki oleh setiap manusia sejak lahir c. Hak dasar atau hak pokok yang dimiliki oleh setiap manusia sejak dalam kandungan d. Hak yang dimliki oleh setiap manusia sejak lahir
| ||||
7 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Perlindungan dan enegakan HAM |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Pengertian HAM | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan enegakan HAM |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Tujuan adanya perlindungan HAM di seluruh dunia adalah … a. Agar setiap individu manusia dapat memproleh hak-haknya dengan sepenuhnya tanpa ada orang lain yang merampasya b. Agar setiap individu meiliki harga diri yang tinggi dan dapa menjalankan kewajibannya c. Agar setiap individu manusia dapat menjalankan tugasnya dengan baik d. Agar setiap individu manusia dapat hidu sejahtera | ||||
8 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Tujuan adanya perlindungan HAM di seluruh dunia |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Siswa dapat menjelaskan tujuan adanya perlindungan HAM di seluruh dunia | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
SMP NEGERI 96 JAKARTA
KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011
PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.
KURIKULUM : KTSP 2006
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menghargai perbedaan dan kemerdekaan mengeluarkan pendapat dengan bertanggung jawab |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Setiap warganegara berhak menyampaikan pendapat dan pikirannya dengan bebas, baik lisan maupun tulisan. Hal ini diatur dalam UUD 1945 . a. Pasal 26 b. Pasal 27 c. Pasal 28 d. Pasal 29
| ||||
9 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Pasal 28 UUD 1945 |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Disajikan wacana tentang kebebasanmengeluarkan pendapat baik lisan maupun tulisan. Siswa dapat menentukan pasal dalam UD 1945 | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menghargai perbedaan dan kemerdekaan mengeluarkan pendapat dengan bertanggung jawab |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Sebutkan tiga akibat bila mengeluarkan pendapat dilakukan tanpa batas dan tidak bertanggungjawab !
| ||||
51 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Kemerdekaan mengeluarkan pendapat |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Siswa dapat menjelaskan tiga akibat mengeluarkan pendapat yang dilakukan tanpa batas dan tidak tidak bertanggung-jawab. | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011
PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.
KURIKULUM : KTSP 2006
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menghargai perbedaan dan kemerdekaan mengeluarkan pendapat dengan bertanggung jawab |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Perhatikan data berikut: 1. Unjuk rasa 2. Unjuk rasa dengan perusakan fasilitas umum 3. Rapat umum 4. Mimbar bebas 5. Unjuk rasa dengan melempar bom Molotov Cara penyampaian pendapat di muka umum dengan benar dan bertanggung-jawab ditunjukkan oleh nomor a. (1), (2), dan (3) b. (2), (3), dan (4) c. (1), (3), dan (4) d. (1), (4), dan (5) | ||||
10 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Cara mengemukakan pendapat dengan benar dan bertanggung-jawab |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan 3 cara mengemukakan pendapat dengan benar dan bertanggung-jawab | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menampilkan prilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia, artinya … a. Semua peraturan perundangan tidak boleh bertentangan dengan Pancasila b. Pancasila sebagai dasar hokum c. Pancasila diamalkan dalam kehidupan sehari-hari oleh segenap bangsa Indonhesia d. Pancasisla adalah dasar Negara kita
| ||||
11` | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Pengertian Pancasila sebagai kepribadian bangsa |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Siswa dapat menjelaskan Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
SMP NEGERI 96 JAKARTA
KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011
PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.
KURIKULUM : KTSP 2006
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menampilkan prilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Pancasila dijadikan dasar Negara RI karena … a. Pancasila dirumuskan bersamaan wakunya dengan Proklamasi kemerdekaan b. Pancasila sesuai dengan cita-cita , jiwa, dan kepribadian bangsa Indonesia c. Pancasila sudah ada sejak zaman Majapahit d. Pancasila sesuai denan zaman ketika prklamasi kemerdekaan
| ||||
12 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Pancasila sebagai dasar Negara |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Siswa dapa menjelaskanalasan Pancasila dijadikan dasar Negara | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menampilkan prilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Perhatikan data berikui: 1. Menghormati dan menghargai sesame manusia 2. Suka menolong orang lain 3. Sering berkomunikasi dengan sesama manusia 4. Tidak menyakiti dan menzalimi orang lain 5. Memperbaiki kesalahan yang dilakukan orang lain Tiga nilai Pancasila sila ke-dua ditunjukkan oleh nomor
| ||||
13 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Nilai-nilai Pancasila Menampilkan prilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan 3 nilai Pancasila sila ke-dua | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
SMP NEGERI 96 JAKARTA
KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011
PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.
KURIKULUM : KTSP 2006
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menampilkan prilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Sebagai warganegara kita harus bersikap adil, menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban, dan tidak mengambil hak orang lain. Pernyataan di atas merupakan pelaksanaan Pancasila sile ke … a. Ke 2 b. Ke-3 c. Ke-4 d. Ke-5
| ||||
14 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Nilai-nilai Pancasila |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Disajikan wacana, siswa dapat menentukan nilai Pancasila sile ke lima | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menampilkan prilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Perhatikan data berikut: 1. Memanfaatkan sumber daya alam dengan baik 2. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas perekonoman 3. Menjalankan perekonomian denga jujur 4. Persaiangan dalam berniaga dilakukan dengan bebas 5. Setiap tindakan didasarkan pada rasa takut kepada Tuhan YME Perbuatan yang sesuai dengan nilai-nilai sila ke tiga Pancasila ditunjukkan oleh nomor
| ||||
15 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Sikap positif terhadap Pancasila |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Contoh sikap positif terhadap Pancasia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
SMP NEGERI 96 JAKARTA
KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011
PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.
KURIKULUM : KTSP 2006
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menampilkan prilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Perhatina pernyataan berikut: 1. Menteri diangkat Presiden 2. Menteri bertanggung-jawab kepada Presiden 3. Menteri diberhentikan Presiden 4. Menteri diusulkan Presiden Ciri-ciri cabinet Presidentil ditunjukkan oleh nomor e. (1), (2), dan (3) f. (1) dan (3) g. (2) dan (4) a. (2), (3), dan (4)
| ||||
16 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Konstitusi Negara RI |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan cirri-ciri cabinet Presidentil | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menampilkan prilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Perhatikan data berikut: 1. UUD 1945 2. UUDS 1950 3. Konstitusi RIS 4. UUDS 1959 Konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia ditunjukkan oleh a. (1), (2), dan (3) b. (1) dan (3) c. (2) dan (4) d. (2), (3), dan (4)
| ||||
17 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Konstitusi Negara RI |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Siswa dapat menunjkkan 3 konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
SMP NEGERI 96 JAKARTA
KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011
PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.
KURIKULUM : KTSP 2006
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menunjukkan sikap positif terhadap kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Mengapa korupsi perlu diberantas ? Sebutkan 3 alasan !
| ||||
52 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Perundangan-undangan nasioal |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Siswa dapat memeberikan 3 alasan mengapa korupsi perlu diberantas. | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menunjukkan sikap positif terhadap kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Tata urutan peraturan –perundangan yang sesuai dengan undang-undang No. 10. Tahun 2004 adalah a. Peraturan Daerah – Peraturan Presiden – Peraturan Pemerintah – Undang-Undang/Perpu – UUD 1945 b. Undang-Undang/Perpu – Peraturan Daerah – Peraturan Presiden – Peraturan Pemerintah – UUD 145 c. UUD 1945 – Peraturan Daerah – Peraturan Presiden – Peraturan Pemerintah- Undang Undang/Perpu d. UUD 1945 – Undang Undang/Perpu – Peraturan Pemerintah – Peraturan Presiden – Peraturan Daerah
| ||||
18 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Perundangan-undangan nasioal |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Disajikan pernyataan, siswa dapat menentukan tata utrutan peraturan perundangan menurut UU No. 10 tahun 2004. | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
SMP NEGERI 96 JAKARTA
KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011
PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.
KURIKULUM : KTSP 2006
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menunjukkan sikap positif terhadap kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Demokrasi Pancasila ialah … a. Demokrasi yang bersumber dari tata nilai dan kepribadian bangsa Indonesia b. Demokrasi yang berasal dari kebiasaan bangsa Indonesia dalam kehidupan bernegara c. Demokrasi yang telah dijalankan sejak zaman Majapahit d. Demokrasi yang disertai suasana saling menghormati
| ||||
19 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Demokrasi Pancasila |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Siswa dapat mmenjelaskan pengertian demokrasi Pancasila | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menunjukkan sikap positif terhadap kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Perhatikan pernyataan berikut:
Ciri Negara demokrasi ditunjukkan oleh nomor a. (1), (2), dan (3) b. (1) dan (3) c. (2) dan (4) d. (1), (2), (3), dan (4)
| ||||
20 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Ciri Negara demokrasi |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Disajikan pernyataan, siswa dapat menunjukkan 3 ciri negara demokrasi. | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011
PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.
KURIKULUM : KTSP 2006
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menunjukkan sikap positif terhadap kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Perhatikan data berikut: 1. Menghormati pendapat orang lain 2. Tidak memotong pembicaraan oang lain 3. Menerima dan melaksanakan keputusan musyawarah 4. Menerima dan melaksakan semua usul dalam musyawara Contoh sikap demokrasi daam musyawarah ditunjkkan oleh nomor a. (1), (2), dan (3) b. (1) dan (3) c. (2) dan (4) d. (1), (2), (3), dan (4
| ||||
21 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Contoh sikap demokrasi dalam musyawarah |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Disajikan oernyataan, siswa menentukan 3 contoh sikap demokrasi dalam musyawarah | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menunjukkan sikap positif terhadap kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Perhatikan darta berikut: 1. Penyusunan tata tertib sekolah oleh dewan guru 2. Penyusunan regu piket oleh semua pengurus kelas 3. Pemilihan ketua OSIS 4. Penentuan guru bidang studi tertentu di kelas tertentu. Contoh pelaksanaan demokrasi di lingkungan sekolah ditunjukkan oleh noor a. (1), (2), dan (3) b. (2), (3), dan (4) c. (3), (4), dan (5) d. (1), (4), dan (5) | ||||
22 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Contoh pelaksanaan demokrasi di lingkungan sekolah |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Siswa dapat menunjukkan contoh pelaksanaan demokrasi di lingkungan sekolah | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
SMP NEGERI 96 JAKARTA
KARTU SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2011
PELAJARAN : PKn PENYUSUN : Mahmuddin M.
KURIKULUM : KTSP 2006
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menunjukkan sikap positif terhadap kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Contoh kedaulaan ke dalam yang dilaksanakan Negara Indonesia ialah a. Sebagai peserta KTT APEC b. Sebagai peserta Konferensi KTT Oraganisasi Konferensi Islam c. Sebagai peserta KTT ASEAN d. Melaksanakan Pemlihan Presiden tahun 2004
| ||||
23 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Contoh kedaulaan ke dalam yang dilaksanakan negaa RI |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Siswa dapat menentukan contoh kedaulatan ke dalam yang dilakukan negara RI | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
Standar Kompetensi Lulusan | NO. KD | SUMBER | |||
Menunjukkan sikap positif terhadap kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat |
| Buku paket | |||
NO. SOAL | Rumusan soal Perhatikan data berikut: 1. Kejaksaan Agung 2. DPR 3. Bank Indonesia 4. MPR 5. DPA 6. Presiden 7. DPD Lembaga tinggi negaa sesuai dengan UUD 1945 ditunjukkan oleh nomor
| ||||
24 | |||||
MATERI
| KUNCI JAWABAN | ||||
Lembaga Negara RI |
| ||||
INDIKATOR |
| ||||
Disajikan data, siswa dapat menentukan lembaga negara RI yang diatur dalam UUD 1945 | |||||
|
|
| |||
Telah ditelaah |
| Soal | Diterima |
|
|
Diperbaiki |
|
| |||
Ditolak |
|
|
mahmuddin m
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Saya berharap anda mnemberi komentar. Semoga menjadi masukan yang bermanfaat, Terimakasih.